Makanan Khas Jakarta

1. Soto Betawi


Soto Betawi adalah kuliner Betawi yang terkenal. Saking terkenalnya, soto Betawi bisa Moms temukan di daerah pinggiran Jakarta, seperti Tangerang, atau Depok.

Tidak berbeda dengan soto lainnya, soto Betawi menggunakan aneka jeroan sapi, dengan campuran santan dan susu, ditambahkan berbagai macam bumbu dan rempah lainnya.

2. Kerak Telor


Salah satu camilan favorit, kerak telor adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari nasi, dicampur telur dan aneka bumbu lainnya, dan ditaburi serundeng.

Moms bisa memilih jenis telur ayam yang digunakan, yaitu telur ayam atau telur bebek. Ciri khas kuliner ini adalah cara memasaknya yang menggunakan tungku api, sehingga rasa gurihnya tetap terasa.

3. Asinan Betawi


Berbeda dengan asinan Bogor, asinan Betawi menggunakan ragam sayuran seperti kubis, sawi, taoge, dan yang lainnya. Namun, penyajian asinan Betawi juga menggunakan teknik pengacaran dengan garam dan cuka.

Asinan Betawi juga disajikan dengan kuah gula merah rasa pedas serta manis yang tentunya sungguh menggoda.

4. Gado-gado


Gado-gado menjadi makanan sehat dan digemari orang yang menjalankan pola hidup vegetarian, karena makanan ini mengandung aneka sayuran, seperti kangkung, kubis, tauge, kacang panjang.

Gado-gado disajikan dengan menggunakan saus kacang yang gurih dan lezat. Seringkali, gado-gado juga disajikan dengan telur rebus dan emping.

5. Nasi Kebuli


Nasi kebuli adalah makanan khas Betawi yang cukup populer di kalangan warga Betawi keturunan Arab. Karenanya, nasi kebuli memiliki cita rasa rempah yang kaya.

Nasi kebuli dimasak dengan kaldu kambing, susu kambing, atau bisa diganti dengan santan, dan disajikan dengan tumisan daging kambing. Makanan ini paling nikmat bila ditambah asinan nanas.

6. Roti Buaya

Roti buaya tradisional merupakan roti tanpa isi. Tetapi saat ini, roti buaya sudah memiliki berbagai macam variasi roti yang diisi aneka macam selai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Bersejarah Yogyakarta

NTB

Oleh-oleh Khas Manado

Penginapan di Bandung

BALI